Info Kampus
Senin, 15 Apr 2024
  • Selamat datang di website resmi Universitas Wijayakusuma Purwokerto
18 September 2023

Mahasiswa FISIP UNWIKU Lolos Program Kreativitas Mahasiswa : Mengkaji Isu Stunting di Kabupaten Purbalingga dan Kabupaten Banyumas

Senin, 18 September 2023 Kategori : Berita

Prestasi gemilang ditorehkan oleh mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Wijayakusuma Purwokerto (UNWIKU). Sebuah tim yang terdiri dari 3 mahasiswa yaitu Deka Aepama, Doni Agustia Permana dan Apriliani Dwi Lestari berhasil lolos dalam  Skema Pendanaan Program Kreativitas Mahasiswa dengan proposal penelitian yang berjudul “Implementasi Program Percepatan Penurunan Stunting : Studi Kasus Desa sempor Lor, Kabupaten Purbalingga dan Kampung Sri Rahayu, Kabupaten Banyumas”.

sumber: pusat informasi dan kehumasan unwiku

Rangkaian kegiatan PKM yang sedang dijalankan oleh Tim FISIP UNWIKU sejak bulan Juni 2023 hingga saat ini adalah Riset Sosial Humaniora (RSH) yang mana Riset Sosial Humaniora (RSH) ini adalah salah satu jenis Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) yang berfokus pada meneliti fenomena sosial humaniora yang ada di masyarakat.

Dengan dukungan kuat dari pihak Fakultas dan Universitas, kelompok mahasiswa ini berhasil melewati seleksi ketat dan mendapat peluang untuk menjalankan penelitian yang akan memberikan dampak positif bagi masyarakat. Penelitian ini akan difokuskan pada upaya mengatasi masalah stunting, yang masih menjadi tantangan serius di berbagai wilayah di Indonesia umumnya dan Banyumas khususnya.

Mahasiswa yang terlibat dalam penelitian ini akan bekerja sama dengan berbagai pihak termasuk pemerintah daerah, lembaga kesehatan, serta masyarakat setempat untuk mendapatkan wawasan yang mendalam tentang implementasi program percepatan penurunan stunting di Kabupaten Purbalingga dan Banyumas.

sumber: pusat informasi dan kehumasan unwiku

Dalam sebuah pernyataan, ketua kelompok PKM ini, Deka Aepama, menyampaikan, “Kami sangat bersemangat untuk memulai penelitian ini dan berkontribusi dalam upaya mengatasi masalah stunting yang berdampak serius pada perkembangan anak-anak. Kami berterima kasih kepada pihak Fakultas dan Universitas yang telah mendukung kami dalam riset ini dan akan berusaha sebaik mungkin untuk menghasilkan temuan yang berharga.”

Penelitian ini akan menghasilkan model berupa rekomendasi dan solusi yang dapat membantu meningkatkan efektivitas program penurunan stunting di Purbalingga dan Banyumas. Hasil penelitian ini akan diseminasi kepada pemerintah daerah, organisasi kesehatan, dan pihak terkait lainnya untuk membantu dalam upaya mengatasi stunting di wilayah tersebut.

Program Kreativitas Mahasiswa adalah inisiatif yang sangat penting dalam memberikan mahasiswa kesempatan untuk berpartisipasi dalam penelitian dan proyek-proyek kreatif yang bermanfaat bagi masyarakat. Keberhasilan mahasiswa FISIP UNWIKU ini adalah contoh nyata bagaimana pendidikan tinggi dapat menjadi motor perubahan positif dalam masyarakat.

Jaya Selalu Unwiku

Mandiri, Inovatif, Kompetitif, dan Berjiwa Pancasila

Kontributor: Tunggul Priyatama – Pusat Karir, Kerja Sama, dan Informasi Unwiku

Informasi

Jl. Raya Beji Karangsalam No.25
Kec. Kedungbanteng Kab. Banyumas
Jawa Tengah 53152

Email : info@unwiku.ac.id
Telp : (0281) 6439889