Info Kampus
Selasa, 23 Jul 2024
  • Selamat datang di website resmi Universitas Wijayakusuma Purwokerto
18 Mei 2024

Universitas Wijayakusuma Purwokerto Mewisuda 424 Lulusan Sarjana pada Wisuda ke-60

Sabtu, 18 Mei 2024 Kategori : Berita

Universitas Wijayakusuma (Unwiku) Purwokerto mengadakan sidang terbuka Wisuda Sarjana ke-60 untuk periode I tahun 2024, yang berlangsung di Aula Poedjadi Djaring Bandajoeda Unwiku pada Sabtu (18/05/2024).

Pada kesempatan tersebut, sebanyak 424 lulusan dari berbagai program studi seperti Ilmu Hukum, Ilmu Administrasi Negara, Manajemen, Ekonomi Pembangunan, Akuntansi, Teknik Sipil, Arsitektur, Teknik Elektro, dan Peternakan diwisuda.

Ketua Panitia Wisuda ke-60 Unwiku Purwokerto, Dra. Diah Retnowati, M.Si., dalam laporannya menyampaikan, “Jumlah alumni Unwiku hingga wisuda hari ini (18/05/2024) tercatat sebanyak 21.077 orang.”

Beliau juga menambahkan bahwa alumni Unwiku telah berkarya di berbagai bidang sesuai dengan kompetensinya.

Rektor Unwiku, Dr. H. Heru Cahyo, M.Si., dalam pidato sambutannya mengucapkan selamat dan sukses kepada seluruh wisudawan yang telah berhasil meraih gelar akademis jenjang sarjana. Beliau menyampaikan, “Menghadapi kompetisi di Era Revolusi Industri 4.0 dan dengan diluncurkannya Merdeka Belajar-Kampus Merdeka yang kini telah mencapai episode ke-26, Universitas Wijayakusuma telah melakukan perubahan-perubahan signifikan untuk memastikan capaian pembelajaran lulusan terpenuhi dengan baik.”

Rektor juga mengungkapkan capaian kinerja Unwiku di bidang tata kelola dan kelembagaan, serta bidang kemahasiswaan selama dua tahun terakhir yang telah meraih prestasi di tingkat regional, nasional, maupun internasional. Selain itu, Unwiku juga memperoleh bantuan dana melalui hibah kompetisi PKKM, hibah kerjasama kurikulum, PKM, dan P2MW.

Untuk capaian kinerja bidang kemahasiswaan, tidak kalah dengan prestasi kelembagaan, para mahasiswa Unwiku selama dua tahun terakhir telah mengukir prestasi di berbagai tingkat kompetisi. Di 55 arena kompetisi, mahasiswa berhasil menjuarai di tingkat:

  • Regional (Provinsi) sejumlah 25 kejuaraan,
  • Nasional 25 kejuaraan,
  • Internasional 5 kejuaraan, termasuk Juara 2 (3 medali) dan Juara 3 (2 medali), serta Juara Harapan 1 (1 medali).

Pada kesempatan ini, Rektor menyampaikan penghargaan dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada para pimpinan fakultas, jajaran dosen, tenaga kependidikan yang memiliki semangat yang sangat kuat untuk bersama-sama membangun Universitas Wijayakusuma. Apresiasi juga disampaikan kepada para mahasiswa yang tidak kalah kreatif dan inovatif dengan bimbingan dan pendampingan yang dilakukan oleh jajaran bidang kemahasiswaan, agar mahasiswa terus meningkatkan prestasinya yang lebih berbasis akademik dan berorientasi pada mutu dan prestasi.

Perwakilan wisudawan, Isnaen Nur Faizin, S.M., dari Fakultas Ekonomika dan Bisnis, mengucapkan terima kasih kepada almamater dan menyampaikan rasa bangga atas capaian mereka hingga saat ini. Mereka mengakui bahwa hari ini bukan hanya tentang gelar atau predikat, tetapi tentang tanggung jawab untuk mempertanggungjawabkan ilmu yang mereka peroleh dan berkontribusi pada masyarakat.

Wisudawan juga menyatakan komitmen untuk terus belajar dan meningkatkan kualitas diri, serta memberikan apresiasi kepada para pemimpin universitas, dosen, dan rekan mahasiswa atas bimbingan dan dukungan mereka selama ini.

Selain itu, mereka juga menyampaikan harapan agar universitas dapat terus meningkatkan kualitas pembelajaran dan pelayanan untuk meminimalkan kesenjangan antara dunia pendidikan dan dunia kerja.

Sambutan ditutup dengan semangat untuk menjaga almamater dan keyakinan bahwa masa depan yang cemerlang menanti mereka.. Sambutan ini ditutup dengan sebuah pantun:

“Adik bernyanyi dengan irama
Ibu memasak meminta lada
Bertahun-tahun sungguh lama
Akhirnya hari ini di wisuda.”

Informasi

Jl. Raya Beji Karangsalam No.25
Kec. Kedungbanteng Kab. Banyumas
Jawa Tengah 53152

Email : info@unwiku.ac.id
Telp : (0281) 6439889