Info Kampus
Kamis, 02 Feb 2023
  • Selamat datang di website resmi Universitas Wijayakusuma Purwokerto
23 Januari 2023

Pembekalan KKN Angkatan 45 Universitas Wijayakusuma Purwokerto

Senin, 23 Januari 2023 Kategori : Berita

Pada hari senin, tanggal 23 Januari 2023, Universitas Wijayakusuma Purwokerto mengadakan pembekalan KKN kepada 202 mahasiswa. Sejumlah mahasiswa tersebut akan terbagi ke dalam 22 kelompok, yang mana kelompok tersebut akan ditempatkan pada 22 desa yang tersebar di Kecamatan Belik dan Kecamatan Pulosari.

Pembekalan dilakukan dengan tujuan mempersiapkan para mahasiswa untuk dapat memahami persoalan apa saja yang ada di lokasi KKN dan dapat memberikan solusi dan sumbangsih kepada masyarakat setempat. Selain itu, mahasiswa juga diharapkan agar memahami potensi desa dan mengembangkannya ke kancah yang lebih luas lagi.

Acara Pembekalan KKN angkatan 45 kali ini dibuka secara resmi oleh Wakil Rektor 1 Bp Dr. Ir. Doso Sarwanto, MP., dengan menabuh gong yang didampingi oleh Wakil Rektor 2, Wakil Rektor 3, Staf Ahli Rektor, dan juga perwakian dari BAPPEDA Kabupaten Pemalang. Pembekalan KKN ke 45 ini bertemakan pemberdayaan UMKM berbasis kearifan lokal sebagai penguatan pariwisata.

Tema tersebut ditentukan berdasarkan hasil diskusi antara LPPM Unwiku dengan Bappeda Kab. Pemalang dan juga Disparpora Kab. Pemalang. Tema ini nampaknya sangat relevan dengan kondisi Kab. Pemalang yang memiliki banyak destinasi wisata dan berbagai potensi daerah dengan UMKM nya.

Turut hadir dan mengisi acara pembekalan KKN kali ini Bp. H. Sujarwo SE. MM., selaku Kepala BAPPEDA Kabupaten Pemalang. Singkatnya Bp. Sujarwo sangat menyambut gembira mahasiswa dalam kegiatan KKN ini. Beliau juga berpesan agar mahasiswa dapat berbaur baik dengan maysarakat, dapat bersama-sama masyarakat dalam mengatasi persoalan-persoalan yang dihadapai masyarakat setempat, serta dapat memberikan sentuhan ilmiahnya untuk mengembangkan potensi desa yang ada.

Hal tersebut nampaknya selaras dengan yang disampaikan oleh pemateri lain dalam acara kali ini, yaitu Ibu Musdalifah SH., dari DISPARPORA Kabupaten Pemalang. Lebih spesifik lagi, Ibu Musdalifah sebagai Kabid promosi pariwisata di kabupaten pemalang mengungkapkan bahwa masih banyak hal yang bisa dilakukan oleh para mahasiswa dalam mengembangkan potensi pariwisata di wilayah Belik dan Pulosari. Beliau berharap promosi wisata dapat lebih ditingkatkan dengan cara digitalisasi apapun caranya. Terlebih hal ini adalah bagian dari era nya mahasiswa di masa kini yang nampaknya sudah sangat familiar dengan yang namanya teknologi.

Acara pembekalan KKN ke 45 ini juga dikuatkan dengan materi yang disampaikan oleh dosen dari Universitas Wijayakusuma Purwokerto. Adalah Bp Wisnu Wijayanto, SE., MM., Msi, dan Bp Citra Pradipta Hudoyo, ST., MT yang mengisi materi tentang optimalisasi digitalisasi marketing yang dapat sebagai bekal para mahasiswa dalam mensukseskan berbagai program kerja KKN nya.

Tidak ketinggalan, dari LPPM Universitas Wijayakusuma Purwokerto juga semakin memantapkan pembekalan materi kali ini. Ibu Dr. Esti Ningrum SH., M.hum, beserta Ibu Dr. Hj. Siti Muntahanah, M.Si membekali para peserta KKN dengan teknis pembuatan laporan, perancangan program kerja, etika dasar, pengenalan dosen pembimbing lapangan (DPL) dan lain sebagainya.

Para Mahasiswa nampak antusias dalam mengikuti acara pembekalan ini. Besar harapan semua pihak, para mahasiswa dapat menjalankan segala sesuatunya dengan lancar, baik, dan bermanfaat untuk masyarakat.

Kontributor: Tunggul Priyatama

Informasi

Jl. Raya Beji Karangsalam No.25
Kec. Kedungbanteng Kab. Banyumas
Jawa Tengah 53152

Email : info@unwiku.ac.id
Telp : (0281) 6439889