Info Kampus
Kamis, 22 Feb 2024
  • Selamat datang di website resmi Universitas Wijayakusuma Purwokerto
9 September 2023

Keberadaan Mahasiswa Luar Negeri Warnai Keberagaman Bangsa Indonesia dalam Upacara Penerimaan Mahasiswa Baru UNWIKU 2023/2024

Sabtu, 9 September 2023 Kategori : Berita / Mahasiswa

Pada hari sabtu, tanggal 9 September 2023 Berdasarkan laporan ketua panitia penerimaan mahasiswa baru Dr. Ir. Doso Sarwanto, M.P., Tahun ini Universitas Wijayakusuma Purwokerto melantik sejumlah 1.170 mahasiswa baru dari 1.851 pendaftar yang tersebar pada 9 program studi, yaitu program studi Ilmu Hukum, Administrasi Negara, Manajemen, Ekonomi Pembangunan, Akuntansi, Teknik Sipil, Teknik Elektro, Arsitektur, dan Peternakan.

sumber: pusat informasi dan kehumasan unwiku
sumber: pusat informasi dan kehumasan unwiku

Seperti pada tahun-tahun sebelumnya, Universitas Wijayakusuma Purwokerto (Unwiku) menerima mahasiswa dari sabang sampai merauke. Untuk periode ini dari wilayah barat ada mahasiswa dari Kabupaten Aceh Besar Provinsi Aceh, wilayah Tengah ada dari Kabupaten Banggai Provinsi Sulawesi Tengah, dan dari timur ada mahasiswa dari Kabupaten Mimika Provinsi Papua. Menariknya, dalam proses penerimaan mahasiswa baru kali ini, Unwiku mulai menjadi tujuan menempuh pendidikan oleh mahasiswa Luar Negeri dari Timor Leste. Salah seorang mahasiswa dari Timor Leste bahkan langsung dilibatkan dalam proses pelantikan mahasiswa baru.

Penerimaan mahasiswa baru periode ini melalui empat jalur, jalur penelusuran prestasi, jalur beasiswa KIP Kuliah, jalur ujian Gelombang 1, dan jalur ujian Gelombang 2. Dari berbagai jalur yang dilakukan, nampaknya lebih dari 70% mahasiswa baru memilih mendaftar menggunakan metode online melalui website https://pmb.unwiku.ac.id/, hal ini selaras dengan era saat ini yang nampaknya banyak masyarakat yang lebih memilih efisiensi dan memanfaatkan teknolgi informasi.

sumber: pusat informasi dan kehumasan unwiku
sumber: pusat informasi dan kehumasan unwiku

Dalam kesempatan kali ini, universitas wijayakusuma purwokerto juga mendapatkan dukungan dari BPD Bank Jateng berupa beasiswa sejumlah Rp150.000.000 yang diperuntukan kepada 50 mahasiswa berprestasi akademik. Hal ini disambut baik oleh Rektor dan jajarannya, dengan harapan dapat semakin memotivasi para mahasiswa untuk berlomba secara akademik menjadi yang terbaik diantara mereka.

Selain beasiswa prestasi akademik, Universitas juga memberikan apresiasi berupa beasiswa kepada para mahasiswa yang berprestasi non akademik secara tingkat nasional dan internasional. Semakin banyak nya mahasiswa yang berprestasi nasional maupun internasional ini menjadi bukti bahwa Universitas Wijayakusuma Purwokerto sangat serius dalam membina dan menumbuhkembangkan bakat dan potensi para mahasiswanya untuk menjadi lebih baik.

Momen Upacara PMB kali ini semakin meriah dengan adanya penerbangan balon udara dan juga ratusan burung merpati yang dipimpin oleh Rektor Unwiku. Selain itu, expo UMKM yang dikelola oleh para mahasiswa aktif dari lima fakultas yang ada di Unwiku ini juga dihadirkan dalam kesempatan kali ini. Expo UMKM ini bertemakan Edu Cafe yang berasal dari akronim education dan café, yang artinya cafe tempat belajar mahasiswa untuk berwirausaha. Hal ini dapat menjadi salah satu simbol bagi universitas yang mempunyai visi sebagai entrepreneurship university. Expo UMKM ini juga dibersamai dengan berbagai persembahan dari dosen muda Universitas yang menyuguhkan penampilan dance dan juga saxophone yang berkolaborasi dengan para mahasiswa.

sumber: pusat informasi dan kehumasan unwiku

Pada akhirnya, sesuai dengan sambutan Rektor Unwiku Dr. H. Heru Cahyo M.Si., Unwiku mengucapkan terima kasih kepada orang tua/wali yang telah memberikan kepercayaan kepada Universitas Wijayakusuma sebagai tempat menimba ilmu pendidikan tinggi bagi putra putrinya, harapannya semua mahasiswa baru dapat segera menyesuaikan diri dengan suasana akademik kampus Universitas Wijayakuma yang kondusif sehingga dapat memperlancar proses Tri Dharma Perguruan Tinggi yang meliputi pendidikan/pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.


Jaya Selalu Unwiku
Mandiri, Inovatif, Kompetitif, dan Berjiwa Pancasila
Kontributor: Tunggul Priyatama – Pusat Karir, Kerja Sama, dan Informasi Unwiku

Informasi

Jl. Raya Beji Karangsalam No.25
Kec. Kedungbanteng Kab. Banyumas
Jawa Tengah 53152

Email : info@unwiku.ac.id
Telp : (0281) 6439889