Info Kampus
Minggu, 26 Jun 2022
  • Selamat datang di website resmi Universitas Wijayakusuma Purwokerto
26 Agustus 2021

KKN Unwiku 51 Lakukan Reboisasi di Bedana Banjarnegara

Kamis, 26 Agustus 2021 Kategori : Berita

TIMESINDONESIA, BANJARNEGARA – Sedikitnya 3110 pohon alpukat, aren, dan pucuk merah ditanam di sejumlah lokasi Desa Bedana Kecamatan Kalibening Banjarnegara, Jawa Tengah, Kamis (26/8/2021) oleh Mahasiswa KKN Unwiku 51 Purwokerto Tahun 2021.

Kegiatan ini dihadiri oleh Rektor Unwiku H. Kaboel Suwardi S.H, M.M Dekan Fakultas Hukum Unwiku, H. Dr. Rusito S.H, M.M, Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat ( PPM) Unwiku Drs. Diah Retnowati, M.Si dan Tri Watiningsih ST, MT, Pembina Hukum Lingkungan Indonesia (PHLI) Dr. Elly Kristiani P. S.H M.Hum, DPL KKN 51 Unwiku Yehezkiel Septian Yoganata, S.T., M.T. dan Wakil Rektor 3 Unwiku, Andhi Johan S, S,E., M.Si.

Secara simbolis Rektor Unwiku H. Kaboel Suwardi, S.H., M.M menyerahkan bibit buah alpukat kepada Kades Hardiyanto Setiawan, A.Md dan menyerahkankan 1500 masker.

Kaboel Suwardi, menyampaikan menyampaikan terima kasih terhadap kades Bedana yang telah mendukung kegiatan mahasiswa Unwiku. Khususnya terkait dengan reboisasi dan pemberdayaan perekonomian di daerah Bedana.

“Insyaalah kerjasama ini akan ditingkatkan dan dilanjutkan. Kami atas nama rektor juga menyampaikan terima kasih kepada Bupati Banjarnegara. Semoga mahasiswa kami bermanfaat kepada masyarakat Banjarnegara dan Bedana khususnya,” kata Bapak Rejtor

Elly Kristiani, Pembina Hukum Lingkungan Indonesia (PHLI) Unwiku Purwokerto menyampaikan, reboisasi sebagai pendukung konservasi sumber daya alam. Apalagi di Desa Bedana masih ditemui daerah – daerah gundul.

Ia menyampaikan, konsep pembangunan lingkungan berkelanjutan sangat penting untuk daerah rawan bencana alam. “Ini yang menjadi inti dari kegiatan reboisasi,” kata Elly.

Ada beberapa hal penting, yang perlu diketahui, terkait perubahan iklim/bencana iklim yang menjadi isu dunia. Karena Indonesia sangat rentan dengan perubahan suhu. Sehingga perlu diberikan edukasi terkait reboisasi berkelanjutan.

Firman, Sekcam Kalibening mengucapkan terima kasih kepada Rektor Unwiku berkenan hadir di Bedana. Perlu diketahui, sebagian besar masyarakat Kalibening adalah petani, kopi, teh, holtikultura dan sebagian kecil Tanaman pangan. Semoga dengan kegiatan ini bagian dari penyemangat sehingga bermanfaatnya bagi masyarakat Bedana dan Kalibening pada umumnya.

Terpisah Kades Bedana Hardiyanto menjelaskan kegiatan ini dapat terlaksana karena dukungan besar dari mahasiswa KKN Unwiku Purwokerto. “Kami berharap, kerjasama masyarakat Bedana dengan Unwiku tidak hanya sampai disini. Tetapi lebih dari itu, dapat mendukungan terhadap kelestarian alam Desa Bedana Kecamatan Kalibening Kabupaten Banjarnegara.

Sumber : timesindonesia.co.id

Tidak ada komentar

Tinggalkan Komentar

Informasi

Jl. Raya Beji Karangsalam No.25
Kec. Kedungbanteng Kab. Banyumas
Jawa Tengah 53152

Email : info@unwiku.ac.id
Telp : (0281) 6439889